Video 'Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai' Beredar di Youtube

Video 'Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai' Beredar di Youtube
Video 'Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai' Beredar di Youtube

jpnn.com - PADANG -  Sebuah video berisi dugaan pelanggaran Pemilu 2014 terjadi di Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, muncul dalam situs berbagi YouTube. Di video tersebut tampak sejumlah laki-laki memasukkan seperti surat suara Pemilu ke kotak suara berulang-ulang,  dan disaksikan beberapa orang di sebuah rumah kayu, bahkan ada petugas KPPS di sana.

Penelusuran POSMETRO (grup JPNN), Minggu (27/4), dalam video yang diberi judul "Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat"  dengan link: http://www.youtube.com/watch?v=jBmL5k3IpYI yang diunggah oleh akun Charly Rahmat Leaders Setia dengan durasi 1:13 itu sudah dilihat oleh 600-an orang hingga Minggu sore.

“Saya heran, betul-betul sudah gila kalau memang ada yang seperti ini, Pemilu tanpa ada pengawasan apalagi penindakan,” ujar Robi (25), pengguna internet di Padang.

Sejauh ini belum ada laporan terkait kejadian seperti di video tersebut kepada KPU Provinsi Sumbar ataupun Bawaslu Sumbar. Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait terhadap kebenaran dari video  tersebut.

Pengamat Politik, M Taufik mengatakan, dalam video yang diunggah tersebut memang itu disebut sebagai pelanggaran. Namun, hal tersebut tentu harus dicek dulu kebenarannya, apakah akun yang mengupload itu berada di lokasi atau mendapatkan kiriman dari orang lain.

Selain itu, KPU Sumbar dan Bawaslu juga harus mengklarifikasi, khususnya KPU Mentawai tentang pembenaran kapan video itu dibuat.

“Kalau memang ada pidana dan terbukti harus KPU harus melakukan tindakan sesuai prosedur dan UU yang ada,” jelasnya.  

Terlebih lagi,harus ada tindakan proaktif yang dilakukan karena bisa saja video tersebut diupload oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang tidak puas dengan hasil Pemilu. Ditambah lagi dengan polisi yang juga harus ikut proaktif dalam penyelidikannya.

PADANG -  Sebuah video berisi dugaan pelanggaran Pemilu 2014 terjadi di Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, muncul dalam situs berbagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News