Viral Video Kekerasan Petugas PPKM, Kombes Satake Bayu Bereaksi

Viral Video Kekerasan Petugas PPKM, Kombes Satake Bayu Bereaksi
Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Komisaris Besar Polisi Satake Bayu. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, PADANG - Video hoaks mantan anggota DPRD Tapanuli Tengah, Sumatera Barat, Awaluddin Rao yang mengaku buta karena ditusuk petugas penyekatan PPKM Darurat di Kota Padang tengah diusut kepolisian.

"Kami masih selidiki kasus penyebaran video yang diduga berisikan berita bohong," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Senin.

Menurut dia, kasus itu merugikan petugas PPKM darurat yang bekerja di lapangan untuk membatasi masyarakat yang masuk Kota Padang.

"Video yang beredar itu seolah-olah petugas melakukan tindakan yang salah," kata dia.

Dia mengatakan penyebar video itu bisa dijerat Pasal 28 Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman enam tahun penjara

Sebelumnya Kapolsek Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon Sektor Lubuk Kilangan (Luki) Kota Padang menepis tuduhan telah bertindak represif terhadap seorang laki-laki di pos penyekatan wilayah Lubuk Paraku pada Jumat (16/7) pagi.

Peristiwa itu menjadi perhatian publik setelah video laki-laki dengan muka berdarah dan mengaku telah buta viral di media sosial pada Sabtu (18/7).

Belakangan diketahui yang bersangkutan adalah mantan legislator bernama Awaludin Rao.

Video mantan anggota DPRD Tapanuli Tengah, Sumatera Barat, yang mengaku buta karena ditusuk petugas penyekatan PPKM Darurat di Kota Padang tengah diusut kepolisian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News