Viral Video Siswa Dukung Prabowo-Gibran, Bawaslu Pamekasan Singgung 2 Pelanggaran

Viral Video Siswa Dukung Prabowo-Gibran, Bawaslu Pamekasan Singgung 2 Pelanggaran
Tangkapan layar video tentang siswa salah sekolah yang mengkampanyekan dukungan pada salah satu pangan calon presiden dan wakil presiden dengan memakai kaos bergambar pasangan calon. ANTARA/HO-Bawaslu Pamekasan

jpnn.com, PAMEKASAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan mengusut kampanye tim pemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 yang digelar di lembaga pendidikan dan melibatkan siswa.

Kasus itu terjadi di salah satu lembaga pendidikan di Kecamatan Proppo, dan video kegiatan itu beredar luas di sejumlah platform media sosial.

"Itu tidak boleh, apalagi melibatkan siswa dan digelar di lembaga pendidikan," kata Ketua Bawaslu Pamekasan Sukma Umbara Tirta Firdaus di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (9/12).

Oleh karena itu, Bawaslu Pamekasan telah menginstruksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Proppo agar mengusut kasus tersebut dengan memanggil tim pemenangan calon dan meminta keterangan pihak sekolah.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 20 detik yang merekam kegiatan puluhan anak-anak di Lembaga Pendidikan Bustanul Ulum, Desa Jambringin, Kecamatan Proppo, viral di media sosial.

Perekaman video itu dilakukan di emperan rumah pengasuh lembaga pendidikan dan beredar sehari setelah pembentukan tim pemenangan Prabowo-Gibran digelar di lembaga itu pada 6 Desember 2023.

Juru Bicara LP Bustanul Ulum Abdul Musowwir menjelaskan rekaman tentang dukungan pada Prabowo-Gibran oleh anak-anak di lembaga itu sebenarnya hanya untuk kalangan internal, akan tetapi secara tiba-tiba meluas ke berbagai media sosial.

"Saya tidak tahu siapa yang menyebarkan. Yang jelas, rekaman itu pertama kali hanya dikirim ke grup alumni Bustanul Ulum, tetapi sehari setelah itu tiba-tiba menyebar ke sejumlah platform media sosial," ucapnya berkilah.

Bawaslu Pamekasan menyinggung dugaan dua pelanggaran terkait video viral siswa dukung Prabowo-Gibran. Begini penjelasan pihak sekolah. Oalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News