JPNN.com

Virus Bersih

Oleh Dahlan Iskan

Jumat, 14 Februari 2020 – 11:11 WIB
Virus Bersih - JPNN.com
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Semua operator cruise tahu: musuh utama bisnis mereka adalah virus atau bakteri. Karena itu aturan kebersihan di sebuah perjalanan cruise luar biasa ketatnya.

Bagi yang baru pertama cruise --dan punya kebiasaan kurang peduli seperti di Indonesia atau Tiongkok-- akan terkaget-kaget melihat ketatnya aturan di situ. Toh Diamond Princess terkena juga.

Kapal pesiar itu kini dikarantina di atas laut. Di dekat Pelabuhan Yokohama, Jepang. Dengan 3.700 orang 'tersandera' di dalamnya.

Baca Juga:

Tidak terbayangkan ada virus menyelundup masuk ke cruise.

Yang selama ini paling ditakuti bukanlah virus seperti itu. Yang jadi momok adalah bakteri yang satu ini: yang membuat penumpang bisa sakit perut. Lalu diare massal.

Bayangkan kalau 3.700 orang --apalagi ada cruise yang berisi 6.000 orang-- diare bersama. Lalu mereka bertumbangan meninggal dunia di atas kapal.

Baca Juga:

Maka kebersihan di sebuah cruise dijaga sampai harga mati. Seorang penumpang yang masuk restoran di kapal itu harus cuci tangan. Ada fasilitas untuk itu.

Tidak ada yang bisa lolos: ada petugas berpakaian serba-necis di situ. Petugas itu mengawasi yang tidak cuci tangan --lalu dengan sopan dan hormat mengajak ke wastafel.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara