JPNN.com

Virus Corona, Ketersediaan Air Kemasan dan Susu Anak Harus Dijaga

Selasa, 31 Maret 2020 – 23:26 WIB Virus Corona, Ketersediaan Air Kemasan dan Susu Anak Harus Dijaga - JPNN.com
Ilustrasi Aqua. Foto: Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pemenuhan hak konsumen atas barang konsumsi sangat penting jika pembatasan skala besar diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah pasokan logistik yang harus terjaga.

“Karena saat kebijakan itu dilakukan, yang tetap harus dibuka adalah akses pada logistik,” kata Tulus, Selasa (31/3).

Dia menambahkan, air minum dalam kemasan  dan produk nutrisi untuk balita dan anak serta obat-obatan harus didukung produksi, distribusi dan aksesnya.

Dengan demikian, konsumen tetap dapat memenuhi kebutuhan hidrasi dan gizi keluarga di masa pandemi.

Oleh karena itu, dalam hal pembatasan sosial skala besar harus ada kebijakan pendukung yang memungkinkan pasokan atas beberapa kebutuhan logistik termasuk air minum berkualitas tetap terpenuhi.

Tulus menambahkan, jika pemenuhan kebutuhan hak hidup akan pangan tidak bisa dipenuhi sehingga tidak dapat dilakukan, pemerintah harus mampu menjamin akses pada bahan pangan mudah.

“Akses-akses harus dipermudah dengan harga yang wajar jangan sampai dikarantina wilayah tapi masyarakat sulit mengakses bahan logistik dan kalau ada pun harganya di luar batas rasional,” katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...