'Virus' Piala Dunia Picu Kambuhnya Sejumlah Penyakit

'Virus' Piala Dunia Picu Kambuhnya Sejumlah Penyakit
'Virus' Piala Dunia Picu Kambuhnya Sejumlah Penyakit
JAKARTA -- Kelelahan fisik dan kurang tidur lantaran terus menonton tayangan Piala Dunia, bisa memicu kambuhnya sejumlah penyakit. Berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan antara lain sakit maag, gangguan kejiwaan, Asma, kencing manis (Diabetes Mellitus), Hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Jika tim yang dijagokan kalah, itu bisa menimbulkan kelelahan psikis. Dampaknya, juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan dan  akan mudah terkena infeksi virus seperti virus  influenza, mudah terjadi infeksi usus berupa diare, juga rentan terkena infeksi virus Hepatitis, Deman Thypoid dan virus demam berdarah.

Peringatan ini disampaikan Dr.H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.  "Minggu-minggu ini sudah ada beberapa pasien yang datang ke saya karena kelelahan akibat nonton sepak bola dan tampaknya hal ini akan meningkat terus pada hari-hari mendatang. Umumnya mereka yang mengalami gangguan kesehatan ini menonton sepak bola sampai dini hari dan tetap bekerja pada pagi hari hingga sore hari," ujar pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu dalam keterangannya yang diterima JPNN, Kamis (17/6).

Dia mengingatkan, apabila sudah ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada, maka itu merupakan peringatan agar kita segera beristirahat dan mengurangi nonton bola terutama siaran langsung dini hari.

JAKARTA -- Kelelahan fisik dan kurang tidur lantaran terus menonton tayangan Piala Dunia, bisa memicu kambuhnya sejumlah penyakit. Berbagai penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News