Visa untuk Warga Indonesia yang Melakukan Kunjungan Bisnis ke Australia Akan Dipermudah

Visa untuk Warga Indonesia yang Melakukan Kunjungan Bisnis ke Australia Akan Dipermudah
Menteri Luar Negeri Senator Penny Wong mengumumkan perubahan aturan visa untuk orang Indonesia yang melakukan perjalanan bisnis ke Australia, Selasa (4/07/2023). (AAP: Lukas Coch )

Aturan visa bagi warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan bisnis ke Australia akan dilonggarkan dalam upaya memperkuat hubungan ekonomi kedua negara.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Penny Wong kepada ABC, Selasa (04/07), terkait dengan kunjungan Presiden Joko Widodo yang tiba di Sydney pada Senin malam untuk perjalanan tiga hari ke Australia.

Menlu Penny Wong mengatakan, isu adanya hambatan perjalanan sudah beberapa kali diangkat oleh pihak Indonesia.

"Kami akan membuat perjalanan bisnis lebih mudah bagi orang Indonesia untuk datang ke Australia. Itu hal yang baik untuk Australia, untuk lapangan kerja," ujarnya dalam wawancara dengan Radio ABC.

“Indonesia adalah kekuatan ekonomi yang terus berkembang dan akan terus berlanjut dalam dekade berikutnya," kata Menlu Penny.

Pemerintah Indonesia sebelumnya telah menyoroti proses mendapatkan visa bagi warganya yang ingin berkunjung ke Australia, menyebutnya sulit dan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.

"Kami menyadari hal ini, ini juga sudah disampaikan ke kami, tapi tentunya kami harus pastikan sistem visa Australia tetap berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Memperkuat hubungan

Jennifer Mathews, Presiden Nasional Dewan Bisnis Australia-Indonesia (AIBC) menyambut baik "langkah apapun dari pemerintah untuk melonggarkan pembatasan perjalanan bisnis" bagi warga Indonesia di Australia.

Aturan visa bagi warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan bisnis ke Australia akan dilonggarkan dalam upaya memperkuat hubungan ekonomi kedua negara

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News