Vivi Zubedi Kenalkan Aksesori Etnik dari Purun

Vivi Zubedi Kenalkan Aksesori Etnik dari Purun
Aksesori etnik dari purun karya Vivi Zubedi yang dipamerkan di Sharia Economic Festival (ISEF) 2019. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Desainer busana muslim Vivi Zubedi memperkenalkan lini khusus aksesori yang diberi nama, The Purun dalam pertunjukan fesyen Sharia Economic Festival (ISEF) 2019.

Menariknya, aksesoris yang dipersembahkan Vivi Zubedi ini terbuat dari purun, tanaman rumput liar sejenis pandan yang hidup dekat rawa.

“Selama saya berkarier membuat abaya, ternyata bukan hanya abaya yang dibutuhkan, mereka juga butuh pelengkap outfit seperti tas," kata Vivi Vivi Zubedi di sela-sela ajang ISEF 2019, di Jakarta, baru-baru ini.

Pada rancangannya, Vivi terinspirasi mengangkat tema Bohemian yang identik dengan alam dan jiwa bebas. Cerminan Boho chic nampak pada elemen warna-warni eklektik yang semarak.

Vivi Zubedi Kenalkan Aksesori Etnik dari Purun
Peluncuran koleksi The Purun di ajang Sharia Economic Festival (ISEF) 2019. 

“Misalnya penggunaan pompom, renda, potongan cermin, manik-manik, hingga patch berwarna off-white dari rough material. Semuanya berpadu dengan dengan nilai kearifan lokal Urang Banjar,” ujarnya.

Menurut Vivi, proses pengolahan purung terbilang cukup rumit. Purun harus dijemur terlebih dahulu agar kering, dan dapat dipipihkan. Kemudian purun diwarnai dan dianyam menjadi berbagai kerajinan tangan. 

Founder & Head Director Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia ini bahkan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin. kemudian memodifikasinya. The Purun Label tercipta dengan landasan conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish, tetapi juga memberdayakan manusia serta peduli keberlanjutan lingkungan.

Desainer busana muslim Vivi Zubedi memberdayakan pengrajin purun untuk lini aksesori miliknya, The Purun Label.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News