Vladimir Putin Bakal Datang ke Bali? Luhut Bilang Begini

Vladimir Putin Bakal Datang ke Bali? Luhut Bilang Begini
Dokumentasi - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bicara soal kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin akan datang ke Bali menghadiri KTT G-20.

Menurut Ruhut, Vladimir Putin tidak akan menghadiri puncak KTT G-20 yang akan digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, 15-16 November 2022.

"Saya kira sudah resmi diberitahu, Presiden Rusia (Vladimir Putin) tidak datang."

"Presiden Rusia diwakili oleh petingginya. Presiden Jokowi sebagai ketua G20 sudah menyampaikan, bertelepon juga dengan Presiden Putin," ujar Luhut saat meninjau kesiapan Command Center Polda Bali, Kamis (10/11).

Luhut menilai keputusan Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G-20 mesti dihargai oleh Indonesia.

Meski demikian, Luhut tidak menyebut alasan Vladimir Putin akan absen.

"Ya, mungkin ada kesibukan Presiden Putin di dalam negeri. Harus dihormati. Presiden (Jokowi) tentu ingin mengakomodasi semua."

"Beliau berkomunikasi dengan semua leaders, tetapi itu yang terjadi dan itu yang terbaik untuk semua," katanya.

Luhut menyatakan sampai saat ini jumlah kepala negara yang terkonfirmasi bakal menghadiri puncak KTT G20 berjumlah 17 kepala negara, termasuk Presiden Amerika Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Beberapa kepala negara/kepala pemerintahan lainnya yang terkonfirmasi bakal yaitu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Luhut mengatakan langkah Presiden Indonesia Joko Widodo sebagai Presidensi G20 sudah tepat, meski Presiden Rusia Vladimir Putin tak akan hadir.

Dia menilai presiden telah melakukan sejumlah langkah yang tepat berkaitan dengan fungsinya sebagai Presidensi G20.

Luhut juga menyatakan persiapan Indonesia sebagai Presidensi G20 telah mencapai 100 persen baik dari sisi pengamanan, infrastruktur maupun aspek lain.

"Saya kira apa yang dilakukan ini one of the best. Mungkin the best ever in the history of G20," kata Luhut. (Antara/jpnn)


Vladimir Putin bakal datang ke Bali mengikuti KTT G-20? Menteri Luhut bilang begini.


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News