Volkswagen Kembangkan Boks Casan Mobil Listrik

Volkswagen Kembangkan Boks Casan Mobil Listrik
DC Wallbox Volkswagen. Foto: VW

jpnn.com - Volkswagen mengembangkan DC Wallbox, sebuah perangkat pengisi daya baterai mobil listrik yang bisa ditempelkan di tembok rumah.

DC Wallbox buatan Volkswagen sedang diuji coba di beberapa tempat. Selanjutnya, pengisi daya baterai hingga kapasitas 22 kW itu akan diproduksi massal.

Mark Möller selaku kepala divisi Pengembangan teknis & mobilitas listrik Volkswagen mengatakan,"Struktur pengisian daya yang ekstensif dan berdasarkan kebutuhan adalah kunci keberhasilan kendaraan listrik."

"Seperti stasiun pengisian cepat fleksibel kami dan prototipe visioner dari robot pengisian daya seluler, kotak dinding DC adalah salah satu inovasi masa depan untuk kendaraan listrik," katanya dalam pernyataan resmi.

Dengan wallbox baru, kendaraan listrik dapat diisi arus searah (DC) hingga 22 kW--yang kira-kira dua kali lipat kecepatan wallbox biasa yang bekerja dengan arus bolak-balik (AC).

Dalam teknologi pengisian berbasis arus searah, listrik mengalir langsung ke baterai traksi timbal, asalkan kendaraan listrik tersebut dilengkapi port pengisian gabungan sistem pengisian (CCS).

Tidak seperti sistem yang didasarkan pada arus bolak-balik, kendaraan listrik diisi daya secara independen dari pengisi daya terintegrasi yang membatasi kapasitas pengisian.

Di sisi lain, mengisi daya baterai traksi timbal dengan arus searah, meningkatkan kapasitas pengisian potensial jika dibandingkan dengan arus bolak-balik.

Volkswagen mengembangkan DC Wallbox, sebuah perangkat pengisi daya baterai mobil listrik yang bisa ditempelkan di tembok rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News