Voluntary Days Pertamina 2022, Kunjungi Desa Energi Berdikari di Kutawaru, Cilacap

Voluntary Days Pertamina 2022, Kunjungi Desa Energi Berdikari di Kutawaru, Cilacap
Desa Energi Berdikari di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah menjadi salah satu objek kunjungan program Voluntary Days Pertamina 2022, Jumat (25/11). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, CILACAP - Desa Energi Berdikari di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah menjadi salah satu objek kunjungan program Voluntary Days Pertamina 2022, Jumat (25/11).

Program yang mengusung tema 'Perwira Penggerak – Energizing your Life' ini menjadi rangkaian peringatan HUT ke-65 Pertamina (Persero).

Voluntary Days 2022 menjadi kontribusi perwira Pertamina membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan.

“Kegiatan ini berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat, sesuai pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan sejalan dengan komitmen perusahaan dalam implementasi Environmental, Social and Governance (ESG),” kata Fajriyah Usman, VP CSR & SMEPP Pertamina (Persero).

Desa Energi Berdikari Pertamina menawarkan solusi Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk masyarakat dalam tantangan peningkatan kebutuhan energi.

“Mengusung semangat nasionalisme, kami berkolaborasi dengan berbagai pihak," ungkap Fajriyah.

Hal ini mengingat akses energi bersih menjadi dasar perkembangan ekonomi dan pemberdayaan komunitas berkelanjutan dan sejalan dengan SDGs 3, 4, 6, 7, 8, 12, dan 13 serta target Net Zero Emission (NZE) 2060.

Di Kampung Kepiting, Kutawaru, energi Solar Photovoltaic (PV) dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, seperti pengairan hidroponik dan bank sayur, energi perangkat elektronik freezer untuk penyimpanan ikan dan kepiting, serta energi lampu untuk operasional kelompok.

Selama 3 hari, Voluntary Days di Cilacap melalui berbagai kegiatan, salah satunya mengunjungi Desa Energi Berdikari di Kelurahan Kutawaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News