Vuvuzela Masih Boleh Bersuara

Vuvuzela Masih Boleh Bersuara
VENUE - Stadion Wembley, venue pertandingan Community Shield malam ini, Minggu (8/8), yang bisa jadi akan dipenuhi suara vuvuzela. Foto: Frances Leader/Action Images.
LONDON - Fans Chelsea dan Manchester United masih bisa membawa sekaligus membunyikan vuvuzela di Stadion Wembley malam nanti. Tapi, Izin itu hanya diberikan di laga Community Shield ini saja. Setelah ini, tak ada lagi kesempatan untuk membunyikan terompet khas Afrika itu di Wembley. Seiring keputusan FA atau Asosiasi Sepak Bola Inggris, vuvuzela memang masuk dalam daftar cekal di Wembley seusai Community Shield. Keputusan FA praktis sudah efektif berlaku saat uji coba timnas Inggris versus Hungaria yang juga berlangsung di Wembley Rabu nanti (11/8).

Keputusan FA ternyata mendapat dukungan dari Michael Brunskill yang mewakili perkumpulan suporter sepak bola Inggris. Brunskill mengatakan bahwa pihaknya sudah lama setuju dengan pencekalan vuvuzela.

"Kami memang tidak memiliki alasan pintar kenapa kami tidak ingin melihat vuvuzela di stadion. Tapi, suporter sepak bola adalah subjek dari kebanyakan regulasi yang seharusnya bisa mengatur dirinya sendiri. Yang pasti, kami tidak ingin membuat match steward (pengawas pertandingan) lebih repot dengan bawaan kami," urainya kepada Daily Telegraph.

Vuvuzela memang sempat menuai kritik dari sejumlah pihak, tak terkecuali pemain. Alasannya karena suaranya yang mencapai 120 decibel yang dianggap terlalu bising dan menganggu komunikasi antarpemain di lapangan.

LONDON - Fans Chelsea dan Manchester United masih bisa membawa sekaligus membunyikan vuvuzela di Stadion Wembley malam nanti. Tapi, Izin itu hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News