VW Patahkan Dominasi Mitsubishi

VW Patahkan Dominasi Mitsubishi
Foto : AP
BUENOS AIRES – Penyelenggaraan reli maut, Reli Dakar 2009, sudah berakhir di Buenos Aires Argentina, kemarin WIB. Giniel De Villiers yang memperkuat Volkswagen, menggondol gelar juara kategori mobil dalam penyelenggaraan kali pertama di Amerika Selatan tersebut. Pabrikan Volkswagen mempertegas dominasi dengan tampilnya rekan satu tim De Villiers, Mark Miller, di urutan kedua klasemen akhir. Mematahkan dominasi Mitsubishi yang selalu menang dalam tujuh tahun terakhir.

     

De Villiers melengkapi sukses juaranya dengan memenangi etape terakhir. Pereli Afrika Selatan itu menyelesaikan etape berjarak 227 km, dari Cordoba ke Buenos Aires dalam waktu satu jam 35 menit dan 43 detik unggul dua detik dari pereli Rusia, Leonid Novitsk.

     

Menuju gelar juara, De Villiers dua kali mendapat keuntungan besar. Dua pimpinan lomba sebelumnya keluar dari persaingan di tengah kompetisi, yaitu Nasser Al-Attiyah dan Carlos Sainz. Dia mulai memimpin lomba di etape keenam setelah Al-Attiyah didiskualifikasi karena melanggar aturan rute resmi. Lalu, dia disalip Sainz di hari berikutnya, tapi kembali memimpin setelah pereli kawakan Spanyol itu mengalami kecelakaan di etape ke-12.

     

”Saya tegang sekali di kilometer-kilometer terakhir,’’ ujar De Villiers pada Reuters. ”Saya terus mencari tahu berapa kilometer lagi yang harus kami tempuh. Tapi harus saya katakan, perasaan saya sungguh luar biasa,’’ tambahnya.

     

BUENOS AIRES – Penyelenggaraan reli maut, Reli Dakar 2009, sudah berakhir di Buenos Aires Argentina, kemarin WIB. Giniel De Villiers yang memperkuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News