Wa Ode Puan Maharani pun Memuji Kekayaan Wakatobi

Wa Ode Puan Maharani pun Memuji Kekayaan Wakatobi
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat membuka Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2015 di di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (26/11). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, pemerintah akan terus memajukan potensi kemaritiman. Menurutnya, penguatan maritim bukan semata-mata demi penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetapi juga demi kesejahteraaan masyarakat.

Puan meyampaikan hal itu saat membuka Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2015 di di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (26/11). Berbicara di hadapan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam, pimpinan DPRD dan para tokoh setempat, Puan mengatakan, pemerintah telah menetapkan arah pembangunan nasional ke depan adalah memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

“Penguatan tersebut tidak hanya dalam dimensi menjaga kedaulatan dan integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, akan tetapi juga melakukan penguatan atas strategi pembangunan kelautan dan maritim yang diarahkan untuk dapat menguasai dan mengelola sumber daya kelautan dan maritim bagi kesejahteraan rakyat,” kata Puan sebagaimana siaran pers Kemenko PMK.

Khusus Wakatobi, kata Puan, pemerintah telah menetapkan gugusan pulau yang terdiri dari Pulau Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongkok itu sebagai salah satu dari 10 prioritas destinasi wisata baru yang akan dikembangkan menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru. “Ini menunjukan bahwa pemerintah telah berkomitmen untuk mengarahkan kebijakan, program, dan kegiatan pengembangan wisata di Wakatobi,” ujar Puan.

Dalam kesempatan itu Puan juga menyodorkan syarat bagi daerah-daerah lain yang ingin dijadikan destinasi wisata unggulan. Antara lain memiliki kekayaan wisata alam bahari, punya potensi perikanan, hingga memiliki budaya yang ramah dan bersahabat. “Itu adalah modal penting,” tutur penerima gelar kehormatan adat Kesultanan Buton sehingga menyandang nama Wa Ode Puan Maharani Kaogesana Lipu itu.

Karenanya secara khusus politikus PDI Perjuangan itu memuji Wakatobi dari sisi keindahan alam lautnya ataupun budayanya. Bahkan Puan menyebut  Wakatobi punya potensi wisata di bidang kerajinan dan kuliner yang luar biasa.

“Punya aneka kuliner khas yang lezat. Semuanya saya nilai sebagai potensi yang sangat menjanjikan bagi Wakatobi dan masyarakatnya untuk lebih maju,” ungkap Puan.

Mantan ketua Fraksi PDIP DPR itu lantas menyebut Tari Lariangi khas Wakatobi yang telah mendapat pengakuan nasional. Kini, pemerintah tengah mengupayakan agar tarian itu mendapat pengakuan secara internasional.

JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, pemerintah akan terus memajukan potensi kemaritiman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News