Wabah Virus Corona: Ridwan Kamil Minta Periksa Semua TKA Tiongkok di Jabar

Wabah Virus Corona: Ridwan Kamil Minta Periksa Semua TKA Tiongkok di Jabar
Paspor warga negara Tiongkok. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BOGOR - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi untuk memeriksa setiap tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok untuk antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menetapkan Provinsi Jawa Barat siaga satu Covid-19 setelah dua warga Kota Depok positif terjangkiti virus corona.

"Saya sudah instruksikan Dinas Tenaga Kerja untuk mengecek keberadaan tenaga kerja dari Tiongkok posisinya gimana-gimana, harus rajin dikoordinasikan," ujarnya usai menghadiri kegiatan rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa tahun 2020 di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor.

Dia juga akan meningkatkan kewaspadaan melalui bantuan imigrasi sehingga, para pendatang di pelabuhan maupun bandara akan diperiksa temperatur tubuhnya sebagai bentuk pencegahan.

"Mereka yang datang dari pelabuhan maupun dari mana, itu dicek temperaturnya," tegasnya.

Di samping itu, Pemda Jabar menyiagakan rumah sakit utama yang ada di 27 daerah Jawa Barat.

Emil mengimbau seluruh warganya agar segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika mengalami gejala yang mirip dengan gejala Covid-19.

"Segera periksa, karena sulit dibedakan. Kemudian tim dari Rumah Sakit Hasan Sadikin akan menindaklanjuti, termasuk yang akan mengirim contoh (sample), apakah seseorang teridentifikasi positif negatif, itu akan dilakukan," kata Emil. (antara/jpnn)
Video Lengkap BCL di Indonesian Idol

Pemda Jabar menyiagakan rumah sakit utama di 27 daerah Jawa Barat untuk antisipasi penanganan dan penyebaran virus corona.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News