Waduh, 2 WNA Diduga Masuk Daftar Pemilih Pemilu 2024, Kok Bisa?

Waduh, 2 WNA Diduga Masuk Daftar Pemilih Pemilu 2024, Kok Bisa?
Tim Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan verifikasi data pemilih menjelang Pemilu 2024. ANTARA HO-Bawaslu Kabupaten Blitar

jpnn.com, KABUPATEN BLITAR - Dua orang warga negara asing (WNA) di Kabupaten Blitar, Jawa Timur diduga masuk dalam daftar pemilih di Pemilu 2024.

Temuan itu terungkap setelah pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bliter melakukan koordinasi dengan Kantor Imigrasi II Non-TPI Blitar.

Anggota Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa mengemukakan kedua WNA yang diduga masuk daftar pemilih Pemilu 2024 itu berasal dari Kecamatan Ponggok dan Wonotirto.

"Ada beberapa WNA terdata di Imigrasi. Namun hanya dua yang masuk wilayah kerja Bawaslu Kabupaten Blitar," ungkap Priya Hari Santosa, Senin (12/6).

Atas temuan ini, Priya menyampaikan Bawaslu perlu melakukan uji fakta di lapangan.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan keberadaan dan status WNA tersebut apakah masuk sebagai pemilih atau tidak.

Dia menegaskan daftar pemilih yang berhak memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2024 berdasarkan data NIK di KTP elektronik.

"Bawaslu Kabupaten Blitar berupaya keras melakukan upaya pencegahan agar DPT Pemilu 2024 akuntabel dan berkualitas, salah satunya dengan melakukan patroli kawal hak pilih ke lapangan," tegasnya.

Bawaslu Kabupaten Blitar mengungkapkan adanya temuan 2 WNA diduga masuk daftar pemilih Pemilu 2024, kok bisa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News