Waduh! Kedutaan Besar Rusia Jadi Gudang Kokain

Waduh! Kedutaan Besar Rusia Jadi Gudang Kokain
Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich (AFP)

jpnn.com - Kesabaran itu berbuah manis. Setelah melakukan investigasi 14 bulan, Kepolisian Argentina akhirnya sukses menangkap lima tersangka penjahat narkoba yang merupakan bagian dari sindikat internasional. Penangkapan di Kota Buenos Aires dan Kota Moskow itu disertai barang bukti 389 kilogram kokain.

Kamis (22/2) Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich menyatakan bahwa para tersangka itu terdiri atas dua warga negara Argentina dan tiga warga negara Rusia.

Salah seorang di antara mereka adalah mantan pegawai Kedutaan Besar Rusia di Argentina.

”Ali Abyanov, mantan pegawai kedutaan, kami bekuk di apartemennya di Moskow,” katanya sebagaimana dilansir Associated Press.

Bullrich mengatakan bahwa Abyanov diamankan pada Kamis. Tapi, dua warga Rusia lainnya, Ishtimir Khudzhmov dan Vladimir Kalmykov, sudah lebih dahulu dibekuk.

Rabu (21/2) tim yang berbeda menangkap dua warga negara Argentina. Salah seorang di antaranya adalah Ivan Blizniouk, anggota Kepolisian Buenos Aires.

Dialah yang melobi bea cukai sehingga kokain seberat hampir 400 kilogram itu lolos dari petugas.

Sebenarnya kokain yang punya nilai jual sekitar USD 61 juta (setara Rp 83,3 miliar) itu sudah meninggalkan Argentina pada Desember.

Penangkapan di Kota Buenos Aires dan Kota Moskow itu disertai barang bukti 389 kilogram kokain.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News