Kamis, 22 Februari 2018 – 01:42 WIB

Waduh... Makin Banyak Orang Stres, Pasien RSJ Melonjak

Minggu, 22 Maret 2015 – 03:22 WIB
Waduh... Makin Banyak Orang Stres, Pasien RSJ Melonjak - JPNN.COM

MALANG - Persoalan ekonomi yang kian sulit membuat banyak warga stres. Tidak jarang, mereka harus masuk Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Radjiman Wediodiningrat, Lawang.

Di rumah sakit yang didirikan pada zaman Belanda itu, setiap hari tercatat ada sekitar 20 orang yang masuk untuk rawat inap karena gangguan jiwa. Yang rawat jalan setiap hari tidak kurang dari 100 pasien. 

Herie Juwanto, Kasubbag Humas RSJ Lawang, menyatakan bahwa pada 2015 jumlah pasien yang dirawat di RSJ Lawang meningkat daripada 2014. Pada 2014, pasien yang masuk ke RSJ Lawang sekitar 8-9 orang per hari. Begitu juga yang ra­wat jalan, jumlahnya tidak mencapai 90 pasien.

Hingga kini, jumlah pasien RSJ Lawang mencapai 560 atau 80 persen dari 700 kapasitas kamar yang disediakan. Para pasien terdiri atas remaja, dewasa, dan lanjut usia. Dari jumlah itu, pasien didominasi laki-laki.

Peningkatan sangat drastis tersebut, menurut dia, selain karena semakin banyaknya warga yang mengalami gangguan jiwa, disebabkan adanya kerja sama RSJ Lawang dengan RSJ Menur Surabaya. Jadi, masyarakat yang yang dirawat di RSJ Menur dari daerah Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Jember, Tulungagung, Blitar, Kediri, Jombang, Madiun, Trenggalek, dan Malang dipindah ke Lawang. ''Sebab, mereka semua ditangani melalui jamkesda,'' jelas Herie.

Saat disinggung penyebab gangguan jiwa yang dialami para pasien, dia menuturkan, kebanyakan karena masalah ekonomi. Misalnya, banyak utang dan tidak mampu membayar karena usahanya lagi seret. Selain itu, ada yang bingung dengan pekerjaannya lantaran dinilai tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup. ''Untuk yang masalah ekonomi, kebanyakan dialami pasien laki-laki,'' katanya.

Sementara itu, pasien perempuan mengalami masalah cinta dan hubungan rumah tangga. Juga, masalah keluarga. Antara lain, perceraian hingga putus asa menjalani hidup.

Selain itu, ada pasien yang mengalami penurunan daya pikir progresif. Namun, kebanyakan yang diderita pasien berjenis skizofrenia, yaitu penyakit kepribadian terpecah belah.(ori/c1/lid/bh/mas/jpnn)

SHARES
TAGS   jatim
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar