Waduh! Pak Johnny, PR Anda Sebagai Menkominfo Banyak Banget

Waduh! Pak Johnny, PR Anda Sebagai Menkominfo Banyak Banget
Presiden Joko Widodo memperkenalkan Menkominfo Jhonny G Plate di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (/23/10). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi keamanan siber Pratama Persadha mengatakan terpilihnya Johnny Gerard Plate menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika tidak mengejutkan. Kemenkominfo memang bergantian diisi politisi, profesional dan akademisi.

“Prinsipnya adalah Kemekominfo harus melanjutkan hal-hal positif yang sudah dibangun oleh Rudiantara, menteri sebelumnya,” kata Pratama, Rabu (23/10).

Dia menjelaskan Palapa Ring Timur yang rampung memberikan kesempatan pertumbuhan pemakai internet Indonesia yang akan jauh lebih cepat. Diperkirakan sampai akhir 2020 pemakai internet tanah air bisa menembus 200 juta orang.

Nah, dia menjelaskan konsekuensi meluasnya jangkauan internet adalah konsumsi berbasis digital akan naik drastis. Misalnya konsumsi marketplace daerah timur akan naik tajam. “Apakah sudah ada perusahan logistik yang sampai ke pelosok. Tentu ini kerja lintas sektor,” katanya.

Dia menambahkan Kemenkominfo menyiapkan regulasi untuk juga bisa mendorong masyarakat menjadi produsen konten maupun layanan atau platform digital agar ke depan modal dan uang banyak beredar di dalam negeri.

“Gojek membuktikan bahwa kelahiran yang tanpa dorongan negara bisa sebesar sekarang, bahkan bisa hidup di negera tetangga," jelasnya.

Menurutnya, Kemenkominfo paling tidak harus fokus pada beberapa hal. Pertama, penguatan sumber daya manusia (SDM), baik terkait literasi digital yang diperkuat di semua lini, juga terkait SDM terampil. “Era sebelumnya sudah ada Digital Talent, hal yang patut dilanjutkan dan diperkuat,” ungkapnya.

Kedua, penguatan infrastruktur. Tidak hanya infrasturkut internet, namun juga pusat data perlu diperbanyak dan dinaikkan tier (tingkat keamanan dan reliabilitasnya). Ketiga, mendorong hadirnya platform lokal, sehingga banyak yang bisa digunakan masyarakat adalah aplikasi berbasis kebutuhan dan kebudayan lokal.

Pekerjaan rumah Menkominfo Johnny G Plate dinilai sangat banyak. Mulai dari akses internet sampai perlindungan data pribadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News