Waduh! Ribuan PNS Golongan II Diduga Bodong

Waduh! Ribuan PNS Golongan II Diduga Bodong
PNS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Ribuan PNS golongan II diduga berstatus misterius alias fiktif. Berdasarkan data e-PUPNS 31 Januari 2016 yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN), PNS misterius terbanyak di golongan III dan II. 

"Kalau diakumulasi, PNS misterius paling banyak di golongan II dan III. Mereka ini jumlahnya ribuan per golongan kepangkatan," ungkap Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada JPNN, Minggu (24/4).

Dia menyebutkan, PNS golongan IIa yang status keberadaannya tidak jelas sebanyak 7.300 orang. Sementara itu, golongan IIIa berjumlah 7 ribuan, IIIb 8 ribuan. Selanjutnya golongan IVa sebanyak 8.614, dan golongan IVe 174 orang.

"Itu saya ambil sampel hanya beberapa golongan kepangkatan saja. Kalau diakumulasi golongan IIa sampai IId, IIIa-IIId, IVa sampai IVe jumlahnya 57 ribuan," ucapnya.

Sedangkan untuk masa kerja PNS di bawah 10 tahun hampir 7 ribuan, 10 tahun masa kerja berjumlah 16.066, dan periode 10 sampai 20 tahun sebanyak 22.194. Sementara itu, untuk PNS masa pengabdian 20-30 tahun sebanyak 14.432 orang, dan lebih 30 tahun sebanyak 3.529 orang

"Dari data ini kelihatan, yang paling banyak di masa kerja 10-20 tahun. Bila keberadaan PNS tidak jelas dan tetap menerima gaji, bisa dihitung berapa kerugian negara," ujarnya.

Bima juga mengaku kaget melihat PNS golongan IVe banyak yang fiktif. Padahal IVe merupakan golongan kepangkatan tertinggi. "Saya tidak mengerti, kok bisa ratusan PNS golongan IVe statusnya misterius," sergahnya.

Meski begitu, Bima menduga banyaknya data misterius karena sistem pendataan pegawai dulu tidak secermat sekarang. Dengan mengisi sendiri datanya, penyimpangan data bisa diminimalisir. (esy/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News