Waduh, Tentara Rusia Sudah Masuk ke Venezuela

Waduh, Tentara Rusia Sudah Masuk ke Venezuela
Tentara menjaga salah satu jalur masuk ke Venezuela dari Kolombia. Foto: AFP

jpnn.com, KARAKAS - Dua pesawat angkatan udara Rusia mendarat di bandara utama Venezuela, Sabtu (24/3) lalu. Pesawat itu membawa seorang pejabat pertahanan Rusia dan hampir 100 tentara.

Hubungan Caracas dan Moskow semakin menguat di tengah krisis Venezuela. Sebuah situs web pelacakan penerbangan menunjukkan, dua pesawat berangkat dari bandara militer Rusia menuju Karacas pada hari Jumat. Sementara situs pelacakan penerbangan lainnya menunjukkan satu pesawat meninggalkan Karakas pada hari Minggu.

Laporan itu muncul tiga bulan setelah kedua negara mengadakan latihan militer di Venezuela yang disebut Presiden Nicolas Maduro sebagai upaya memperkuat hubungan. Namun Washington mengkritiknya sebagai upaya perluasan pengaruh Rusia di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Berita Terbaru Krisis Venezuela: BBM Berlimpah, SPBU Langka

Seperti dilansir Haaretz, Minggu (24/3), sebuah jet penumpang Ilyushin IL-62 dan pesawat kargo militer Antonov AN-124 berangkat ke Karakas pada hari Jumat dari bandara militer Rusia Chkalovsky. Menurut situs pelacakan penerbangan Flightradar24, pesawat itu sempat berhenti di Syria.

Pesawat kargo meninggalkan Karakas pada Minggu sore. Seorang saksi mata dari Reuters melihat sesuatu tampak sebagai jet penumpang di Bandara Maiquetia pada hari Minggu.

Belum terbukti mengapa pesawat datang ke Venezuela. Kementerian Informasi Venezuela belum memberi komentar.

Kementerian Pertahanan Rusia dan Kementerian Luar Negeri tidak membalas pesan untuk komentar. Juru Bicara Kremlin juga tidak menjawab permintaan komentar.

Dua pesawat angkatan udara Rusia mendarat di bandara utama Venezuela, Sabtu (24/3) lalu. Pesawat itu membawa ratusan tentara

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News