Wagub DKI Jakarta Sebut Penertiban Ondel-ondel untuk Menjaga Keluhuran Budaya

Wagub DKI Jakarta Sebut Penertiban Ondel-ondel untuk Menjaga Keluhuran Budaya
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penertiban terhadap pengamen yang menggunakan seni tradisional Betawi, ondel-ondel merupakan cara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjaga keluhuran budaya Betawi.

Hal ini diungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (28/3).

Riza mengatakan bahwa budaya bangsa, termasuk kesenian Betawi seperti ondel-ondel harus ditempatkan di tempat yang baik.

"Bukan diperuntukkan mencari uang dengan cara-cara mengamen dan sebagainya. Kami akan carikan tempat bagi mereka yang selama ini mengamen itu," kata Riza.

Mantan wakil ketua Komisi II DPR itu mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta sudah membuat satu konsep yang baik. "Ada (juga) pembinaan dari Dinas Kebudayaan," ungkap Riza.

Dia mengatakan masa pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat cukup terdampak secara signifikan. Namun, lanjut dia, hal itu bukan alasan untuk mengganggu ketertiban umum dengan cara mengamen di jalan raya.

"Belakangan ini, ondel-ondel memang cukup marak ya kita lihat di jalan, cukup mengganggu ketertiban. Kami tidak ingin ondel-ondel ini hadir di jalan," kata Riza.

Menurut dia, kesenian asli warga Betawi itu patut diapresiasi dengan penempatan di tempat yang terbaik yang bukan ada di pinggir jalan untuk mengamen dan lain sebagainya.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa budaya bangsa, termasuk kesenian Betawi seperti ondel-ondel harus ditempatkan di tempat yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News