Wahai Hadi dan Zulhas, Mardani PKS Pesimistis Anda Membantu Banyak, Umur Jokowi Tinggal 20 Bulan

Wahai Hadi dan Zulhas, Mardani PKS Pesimistis Anda Membantu Banyak, Umur Jokowi Tinggal 20 Bulan
Politikus PKS Mardani Ali Sera. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PKS Mardani Ali Sera mengatakan kecil kemungkinan ada perubahan signifikan yang dilakukan pemerintah meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah merombak kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6).

Dia pun pesimistis dengan pemerintahan Jokowi meski Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan menduduki jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju.

"Terutama dalam mengatasi permasalahan minyak goreng, tingginya harga kebutuhan pokok, sengketa tanah, hingga ekonomi," kata Mardani melalui layanan pesan, Jumat (17/6).

Legislator Komisi II itu beralasan umur pemerintahan era Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin hanya tinggal 20 bulan, sehingga Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan sulit membuat kebijakan signifikan.

"Paling sederhana bisa dilihat dua pekan ke depan, apakah ada perubahan dari pola ini. Jika dalam waktu dua minggu ini ada perubahan dari harga minyak goreng dan komoditas yang diperlukan masyarakat, reshuffle yang dilakukan efektif," ungkap Mardani.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) itu justru menyebut sebenarnya yang perlu dibenahi itu ialah pola manajemen Presiden Jokowi.

Dia kemudian menyinggung tentang desakan Jokowi ke kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah membeli produk dalam negeri.

Namun, kata dia, dorongan tidak akan berjalan baik apabila presiden hanya mengeluarkan desakan tanpa aturan jelas.

Menurut Mardani, sulit melihat ada perubahan kebijakan oleh pemerintah meskipun Jokowi sudah mereshuffle kabinet. Toh, umur pemerintah cuma sekitar 20 bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News