JPNN.com

Wahyu Dewanto Minta Anies Pertimbangkan Ulang Pembatasan Kendaraan di Kemang

Kamis, 11 April 2019 – 23:59 WIB Wahyu Dewanto Minta Anies Pertimbangkan Ulang Pembatasan Kendaraan di Kemang - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Gerindra Wahyu Dewanto menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memikirkan ulang pembatasan kendaraan pribadi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dalam rangka revitalisasi kawasan. Menurut Wahyu, kebijakan itu bisa merugikan warga Kemang karena kawasan itu tidak murni sebagai destinasi wisata.

"Mungkin yg dimaksud adalah melebarkan trotoar dan tetap menjaga kapasitas jalan yang ada untuk digunakan oleh kendaraan tanpa terganggu kendaraan yang parkir di badan jalan," kata Wahyu kepada JPNN.com, Kamis (11/4).

Wahyu mengimbau revitalisasi pedestrian Kemang didesain senyaman mungkin dan dibangun agar tidak bisa digunakan untuk parkir kendaraan.

"Badan jalan yang tersisa betul-betul dijaga hanya untuk kendaraan lewat dan tidak digunakan untuk parkir. Berarti perlu pengawasan dan penindakan yang tegas," kata dia.

Calon anggota legislatif DPRD DKI Dapil DKI Jakarta 8 ini juga mengharapkan fasilitas kantong-kantor parkir perlu disediakan, tetapi sejak awal pengelolaannya dilakukan secara netral bahkan kalau bisa oleh Pemda atau diatur dan diawasi Pemda.

"Sedangkan penggunaan kantong-kantong parkir milik swasta yang sudah ada tentu tidak bisa menghindari kebijakan lokal pemilik," kata Wahyu.

Kemudian, penyediaan shuttle service ke tempat-tempat parkir sebaiknya merupakan servis yang netral dan dilaksanakan oleh pengelola di bawah pengawasan Pemda. Atau bisa terintegrasi dengan sistem angkutan umum atau juga terpisah. Namun saran ini perlu dievaluasi secara kontinu.

"Tanpa kenetralan, bisa saja masing-masing pengusaha mengupayakan servis-servis sendiri yang inklusif untuk masing-masing," jelas dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...