Wajar Orang Dekat Presiden Jadi Panglima TNI

Wajar Orang Dekat Presiden Jadi Panglima TNI
Taufik Kurniawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengapresiasi peralihan asal matra Panglima TNI dari Angkatan Darat ke Angkatan Udara dengan penunjukan Kepala Staf AU Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dia yakin, presiden sudah sangat mengerti pilihannya kepada Hadi Tjahjanto. “Kami mengapresiasi adanya unsur peralihan dari matra darat yang sudah dua kali menjadi panglima, sekarang ke matra udara. Tentunya, yang mengerti profesionalisme, tanggung jawab, loyalitas, kepiawaian bertugas, kan presiden,” kata Taufik di gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/12).

Taufik mengatakan, presiden lebih mengenal Hadi Tjahjanto. Terlebih lagi, kata Taufik, saat Hadi menjabat Kepala Pangkalan Udara Adisumarno, Jokowi saat itu merupakan wali kota Solo.

Karena itu, dia yakin presiden paham betul bagaimana Hadi menjalankan tanggung jawabnya mulai dari lingkup kecil sampai besar. Bahkan, ketika Hadi menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan.

Dia menegaskan, panglima justru memang harus dekat dengan presiden. Dia menjelaskan, jabatan kapolri, panglima dan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu merupakan hak prerogatif presiden.

Kalau sudah menjadi prerogatif presiden, tentu Jokowi punya kewenangan penuh dalam fungsinya sebagai user. “Kalau sudah ada kedekatan profesional, ya kami harus dukung itu,” katanya. (boy/jpnn)


Taufik yakin presiden paham betul bagaimana Hadi menjalankan tanggung jawabnya mulai dari lingkup kecil sampai besar


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News