Wakapolri: Posisi Polri Saat ini Paling Tepat

Wakapolri: Posisi Polri Saat ini Paling Tepat
Wakapolri: Posisi Polri Saat ini Paling Tepat

jpnn.com - JAKARTA - Wacana mengembalikan Polri di bawah kementerian kembali mengemuka.  Namun, para petinggi Polri tetap menegaskan bahwa posisi korps baju cokelat langsung di bawah Presiden adalah yang paling tepat.

Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti mengatakan, sudah ada pembahasan Polri dalam arsitektur negara. Di situ, kata dia, dibahas berbagai macam aspek, seperti filosofis, historis dan politis hingga Polri ada di bawah presiden.

Menurutnya, dari aspek historis memang Polri pernah di bawah kementerian, seperti Menteri Muda Kepolisian, Menteri Pertahanan Keamanan dan Panglima ABRI serta Perdana Menteri. "Dari kajian itu yang saat ini paling tepat (di bawah Presiden)," tegas Badrodin usai launching Pusat Kajian Keamanan Nasional  Universitas Bhayangkara Jakarta, Senin (8/12).

Ia menjelaskan, polisi merupakan aktor utama dalam tanggungjawab keamanan di negeri ini. Hal itu diperkuat dengan beberapa argumentasi yuridis saat ini. 

Menurutnya, berdasarkan landasan yuridis baik Undang-undang Dasar, Tap MPR VII/2010, serta UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, keamanan itu sejajar dengan pertahanan. "Dan soal keamanan itu Polri yang melaksanakan," tegas Badrodin saat memberikan sambutan pada launching tersebut.

Menurutnya, kalau masih ada kekurangan dan perlu sinergitas, maka unsur lain bisa tetap masuk membantu Polri. Namun, Polri tetap harus menjadi leading sector-nya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu  kembali mewacanakan supaya Polri ditempatkan di bawah sebuah kementerian dan bukan langsung di bawah Presiden seperti saat ini. (boy/jpnn)

 


JAKARTA - Wacana mengembalikan Polri di bawah kementerian kembali mengemuka.  Namun, para petinggi Polri tetap menegaskan bahwa posisi korps


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News