Wakapolri: Sah, 100 Persen!

Wakapolri: Sah, 100 Persen!
Wakapolri Komjen Badrodin Haiti. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -  Wakapolri Komjen Badrodin Haiti memimpin upacara kenaikan pangkat sejumlah perwira menengah dan tinggi Mabes Polri, Kamis (5/2). Salah satu perwira tinggi itu adalah Kabareskrim Budi Waseso. Mantan Kasepim Polri ini naik pangkat dari Irjen menjadi Komjen.

Kemudian, ada Bachtiar H. Tambunan dan Deddy Fauzi Elhakim yang naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen. Tak cuma itu, sedikitnya sepuluh anggota Polri juga naik pangkat dari Kombes menjadi Brigjen.

Mereka adalah Brigjen Ricardo Hutauruk, Hadi Sutoyo, Sutrisno Haryanto Brata, Syafrizal, Agus Rianto, Rahyono, Anton Wahono Sudarminto, Bambang Kristiyono, Rudolf Alberth Rodja dan Agus Andrianto. Meski pelantikan perwira tinggi berpangkat Komjen dilakukan oleh Wakapolri yang juga berpangkat Komjen, namun itu tetap sah.

"Sah 100 persen karena ini keputusan presiden. Jadi, pelantikan sah," tegas Badrodin usai memimpin korps rapot kenaikan pangkat ditanya apakah sah Komjen melantik Komjen, Kamis (5/2) di Rupatama Mabes Polri.

Pelantikan ini dihadiri sejumlah pejabat Polri. Namun, tak terpantau Komjen Budi Gunawan dan Komjen Suhardi Alius hadir. Dikonfirmasi, Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie mengatakan bahwa ketidakhadiran keduanya merupakan urusan personal. Dia menjelaskan, BG tidak hadir karena mungkin fokus pada praperadilan yang diajukan melawan KPK terkait penetapan sebagai tersangka dugaan gratifikasi. Selain itu, lanjut Ronny, BG juga harus membuka acara seminar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian.

"Pak BG seingat saya membuka seminar di PTIK pukul 07.00 tadi. Waktunya bersamaan dengan acara ini," kata Ronny.

Namun, Ronny mengaku tidak tahu alasan ketidakhadiran Suhardi Alius, yang digantikan Budi sebagai Kabareskrim. Menurut Ronny, kemungkinan juga Suhardi punya acara lain.

"Kalau Pak Suhardi belum tahu alasannya, mungkin ada acara lain," ungkapnya.(boy/jpnn)

JAKARTA -  Wakapolri Komjen Badrodin Haiti memimpin upacara kenaikan pangkat sejumlah perwira menengah dan tinggi Mabes Polri, Kamis (5/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News