Wakil Ketua DPR: Pemuda Jangan Berburu Ingin Jadi ASN

Wakil Ketua DPR: Pemuda Jangan Berburu Ingin Jadi ASN
Aziz Syamsuddin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin berharap para pemuda lebih kreatif, terus berinovasi, dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Politikus Partai Golkar itu mengingatkan pemuda agar tidak selalu berharap menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS).

"Para pemuda sekarang harus lebih kreatif. Caranya adalah dengan terus menerus melakukan inovasi, sehingga tidak lagi susah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, karena para pemudanya sudah produktif dalam bidang ekonomi kreatif,” kata Aziz.

Dia menambahkan pemuda khususnya Karang Taruna penting untuk bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dalam mewujudkan baktinya pada NKRI.

Menurut dia, penguatan sumber daya manusia (SDM) Karang Taruna tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan bersinergi dengan pihak lainnya seperti kepala desa , camat, bupati, maupun gubernur.

Dia berpendapat bila sudah satu frekuensi dalam bersinergi, maka perekonomian di daerah pun bisa berkembang. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa tumbuh. Pemuda pun bisa membuka lapangan kerja, dan tidak hanya berharap menjadi ASN.

"Jadi, pemuda Karang Taruna tidak hanya berlomba-lomba menjadi PNS, tetapi harus berani berbisnis dan bisa menciptakan lapangan kerja serta bisa menjadi enterpreneur," ujar Aziz berbicara saat menghadiri pengukuhan pengurus Karang Taruna Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat (28/2) siang.

"Kebanyakan anak muda sekarang maunya instan, berburu jadi PNS, TNI, Polri, tetapi sangat jarang yang berpikir bagaimana menciptakan lapangan kerja dengan berbisnis," tambahnya.

Setelah melihat langsung para pemuda di Sawahlunto, Aziz pun optimistis mereka bisa terus berkreasi dan berinovasi. Dia menilai para pemuda khususnya Karang Taruna, memiliki bakat dalam berkarya. "Mereka punya semangat untuk maju sehingga karya yang dihasilkan juga bernilai ekonomis," tegasnya.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin berharap para pemuda lebih kreatif, terus berinovasi, dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News