Wakil Ketua MPR Dorong Pelaku UKM Tingkatkan Kualitas Produk Sesuai SNI

Wakil Ketua MPR Dorong Pelaku UKM Tingkatkan Kualitas Produk Sesuai SNI
Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan saat menjadi pembicara pada Sosialisasi Bersama BSN. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, CIANJUR - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan menyarankan para generasi muda yang merintis atau memiliki usaha kecil dan menengah (UKM) untuk segera berkomunikasi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) agar kualitas produknya bisa betul-betul terjamin.

Menurutnya, hal ini penting supaya pasar yang dituju meningkat apalagi saat ini tidak ada batas untuk menembus pasar lantaran teknologi yang begitu pesat.

Saran ini disampaikan Sjarifuddin Hasan saat menjadi pembicara pada Sosialisasi Bersama BSN.

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama BSN dengan MPR bertajuk ‘Standardisasi Dan Penilaian Kesesuaian Bagi Pelaku UKM’ itu diikuti ratusan pelaku UKM dan generasi muda se-Kabupaten Cianjur.

Kegiatan yang digelar di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (3/7) itu juga dihadiri Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran BSN Yustinus Kristianto Widiwardono.

Sjarifuddin Hasan berharap sosialisasi itu bisa bermanfaat bagi masyarakat Cianjur, karena program BSN itu diakui sebagai kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya sektor UKM.

“Salah satu yang menyebabkan UKM bisa eksis seperti saat ini karena program-program BSN," ujar politikus Partai Demokrat itu.

Pria asal Sulawesi Selatan itu mengatakan cara untuk menaikkan kelas bagi pelaku UKM adalah dengan men-Standar Nasional Indonesia-kan (SNI) produknya.

Untuk itu, dia mendorong pelaku usaha meningkatkan kualitas produk sesuai dengan SNI.

“Jadi jangan segan untuk berhubungan dengan BSN. Manfaatkan secara maksimal, karena ini merupakan program pemerintah yang patut kita sukseskan bersama," pesannya.

Guru besar Universitas Negeri Makassar itu mengatakan menjadi pelaku usaha di sektor ini banyak keuntungannya.

Salah satu keberuntungan dimaksud, jelas dia, karena keberpihakan pemerintah.

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah diluncurkan sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga saat ini masih dilanjutkan.

Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mendorong pelaku UKM meningkatkan kualitas produk sesuai dengan SNI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News