Wakil Ketua MPR Dukung Resolusi Dewan HAM PBB Soal Penolakan Kebencian Agama

Wakil Ketua MPR Dukung Resolusi Dewan HAM PBB Soal Penolakan Kebencian Agama
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukung resolusi Dewan HAM PBB terkait penolakan terhadap bentuk kebencian keagamaan, termasuk tindakan pembakaran Al-Qur'an di Swedia. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukung keputusan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (Dewan HAM PBB) terkait penolakan terhadap bentuk kebencian keagamaan, termasuk tindakan pembakaran Al-Qur'an di Swedia.

Dia berharap Indonesia yang juga menolak keras terulangnya pembakaran Al-Qur'an di Swedia dapat ikut aktif mensosialisasikan dan melaksanakan resolusi Dewan HAM PBB tersebut.

Politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akrab disapa HNW menyampaikan resolusi bernomor A/HRC/53/L.23 yang diputuskan pada 12 Juli 2023 di Genewa, Swiss ini awalnya diusulkan oleh Pakistan yang bertindak atas nama negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Alhamdulillah telah disetujui oleh mayoritas anggota Dewan HAM PBB, termasuk beberapa negara barat, meski juga ada penolakan dari beberapa negara barat, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Ke depan, penting resolusi seperti ini menjadi acuan kita bersama dalam menciptakan harmoni dan menguatkan toleransi dan moderasi di level global,” ujar HNW dalam keterangannya, Kamis (13/7).

HNW menilai resolusi ini perlu disosialisasikan secara masif dan dilaksanakan secara konsisten oleh semua negara anggota PBB, termasuk Indonesia.

“Ini juga bagian dari Resolusi PBB yang disetujui oleh Sidang Umum PBB pada 15 Maret 2022 yang menetapkan 15 Maret sebagai Hari Memerangi Islamophobia,” kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS itu.

Lebih lanjut HNW mengatakan meski pada periode ini tidak masuk dalam keanggotaan Dewan HAM PBB dan tidak ikut dalam voting resolusi tersebut, tetapi sudah sewajarnya Indonesia memastikan resolusi ini bukan hanya sekadar lip service atau 'macan kertas'.

Menurut HNW, Indonesia perlu memastikan resolusi tersebut benar-benar efektif menghadirkan moderasi dan memerangi sikap intoleran dan aksi kebencian terhadap agama, khususnya Islam, dan termasuk kasus pembakaran Al Quran di Swedia beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukung resolusi Dewan HAM PBB yang menolak terhadap bentuk kebencian agama, termasuk pembakaran Al-Qur'an di Swedia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News