Protes Aksi Pembakaran Al-Qur’an, Fraksi PKS Kirim Surat ke Dubes Swedia

Protes Aksi Pembakaran Al-Qur’an, Fraksi PKS Kirim Surat ke Dubes Swedia
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Fraksi PKS DPR RI.

jpnn.com - JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI mengirimkan surat resmi kepada Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg sebagai bentuk protes atas aksi pembakaran kitab suci Al-Qur'an yang belum lama ini terjadi di Stockholm. Surat itu ditandatangani Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini dan Sekretaris FPKS DPR RI Ledia Hanifa Amaliah.

Menurut Jazuli, surat itu mewakili perasaan kekecewaan masyarakat muslim atas aksi intoleran, provokatif, dan tidak bertanggung jawab tersebut. Terlebih lagi, insiden tersebut bukan pertama kali terjadi di Swedia.

"Sebagai bentuk tanggung jawab dan kecintaan Fraksi PKS atas ketertiban dan perdamaian dunia, Fraksi PKS mengirim surat resmi ke Duta Besar Swedia di Jakarta HE Mrs. Marina Berg. Fraksi PKS berharap kerja sama Indonesia dan Swedia makin kuat termasuk dalam upaya mempromosikan ketertiban dan perdamaian dunia," terang Jazuli dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (7/7).

Wakil presiden Forum Anggota Parlemen Muslim Dunia (IIFP) ini menerangkan setidaknya ada tiga tujuan surat resmi Fraksi PKS ke Dubes Swedia di Jakarta tersebut.

Pertama, kata Jazuli, menyampaikan protes dan kekecewaan atas aksi yang melukai perasaan umat Islam. “Surat PKS mewakili keprihatinan dan kekecewaan umat Islam di Indonesia dan dunia,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Jazuli, Fraksi PKS mendorong Swedia sebagai negara sahabat untuk mengambil langkah yang tegas dan konkret agar aksi serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.  

Ketiga, Fraksi PKS mengingatkan pentingnya kesadaran dan tanggung jawab bersama seluruh negara dan warga dunia untuk mewujudkan dunia yang damai, tenang, aman dan kondusif.  

“Penting untuk melawan segala bentuk aksi intoleransi, insinuasi kebencian dan permusuhan. Sebaliknya warga dunia harus mengedepankan rasa tanggung jawab, saling menghormati dan menghargai, serta toleransi atas berbagai perbedaan khususnya soal agama dan keyakinan," ungkap Jazuli.

Fraksi PKS meminta Swedia tegas menghentikan aksi pembakaran Al-Qur'an dan Islamofobia untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News