Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat Dorong Proses Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat Dorong Proses Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat berbicara dalam Workshop Pendidikan bertema 'Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik' di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/11). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JEPARA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan sudah saatnya mengubah pola dan cara mengajar dengan memberikan ruang seluas-luasnya pada proses pembelajaran dengan menempatkan kebutuhan peserta didik sebagai dasar dari proses pembelajaran itu sendiri.

"Anak didik dalam Program Merdeka Belajar yang diterapkan harus menjadi satu titik yang menjadi dasar, bagaimana kita mengubah proses belajar dan mengajar saat ini," kata Lestari Moerdijat.

Hal itu disampaikannya dalam Workshop Pendidikan bertema 'Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik' di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/11).

Lestari yang juga anggota Komisi X DPR RI itu menyampaikan dirinya sangat yakin prinsip-prinsip School that Learns yang diperkenalkan Peter Senge mampu menciptakan ruang untuk menjadikan diri kita sebagai pembelajar dan anak didik sebagai pusat dari proses tersebut.

"Berdasarkan proses itu, kita dapat mengembangkan bagaimana bentuk pola belajar dan mengajar yang diperlukan," terang Rerie yang akrab disapa.

Rerie yang juga Ketua Yayasan Sukma itu mengungkapkan bahwa salah satu guru di Sekolah Sukma Bangsa di Aceh mendapat penghargaan sebagai guru penggerak terbaik.

Karena sebelum Program Merdeka Belajar diterapkan, Rerie mengungkapkan Sekolah Sukma Bangsa di Aceh telah mengembangkan model pendidikan berbasis prinsip School that Learns yang senafas dengan Program Merdeka Belajar.

"Tugas para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus mendukung untuk terus membuka ruang-ruang pembelajaran tersebut dapat direalisasikan dalam sistem pendidikan nasional kita," tegasnya.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat hadir dalam Workshop Pendidikan bertema 'Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik' di Jepara, simak paparannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News