Wakil Ketua MPR RI: Jatim Seharusnya Bisa Belajar dari DKI Jakarta

Wakil Ketua MPR RI: Jatim Seharusnya Bisa Belajar dari DKI Jakarta
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan koordinasi antardaerah jangan hanya menjadi slogan dalam percepatan penanggulangan dan pengendalian COVID-19 di tanah air.

Menurut Mbak Rerie, sapaan Letari, pengulangan satu kesalahan dari satu daerah ke daerah lain soal penerapan social distancing misalnya, menunjukkan tidak adanya koordinasi itu.

"Di saat sebaran Covid-19 di sejumlah negara masuk gelombang kedua dan di tanah air pertambahan positif corona terus meningkat, kesamaan langkah penanganan dan koordinasi antardaerah sangat diperlukan," katanya, Selasa (7/7).

Rerie mengatakan, tidak adanya koordinasi antardaerah jelas terlihat dengan selalu berulangnya kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan di sejumlah daerah.

Legislator Partai NasDem itu menambahkan, kerumunan warga dalam pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor di DKI Jakarta misalnya, terulang kembali pada pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor di Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, episentrum penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta pun sekarang bergeser ke Surabaya, Jawa Timur dan mungkin saja akan bergeser atau terbentuk episentrum baru di daerah lain.

Bila ada koordinasi yang baik antardaerah, tegas Rerie, tentu saja satu daerah bisa belajar dari pengalaman daerah lain yang sudah mengalami sebagai episentrum penyebaran COVID-19.

"Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya seharusnya bisa belajar dari DKI Jakarta yang punya pengalaman menjadi episentrum penyebaran COVID-19 dan Gugus Tugas tingkat nasional serta daerah bisa mengoordinasikan langkah itu," ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan koordinasi antardaerah soal COVID-19 jangan hanya menjadi slogan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News