Wakil Ketua MPR Ungkap Pentingnya Pemulangan Prasasti Sangguran ke Indonesia

Wakil Ketua MPR Ungkap Pentingnya Pemulangan Prasasti Sangguran ke Indonesia
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap Prasasti Sangguran yang sekarang tersimpan di Inggris Raya bisa segera dipulangkan ke Indonesia. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengajak semua pihak, baik yang berada di Inggris dan Indonesia untuk menciptakan sebuah gerakan agar mendorong proses pemulangan Prasasti Sangguran yang saat ini berada di Inggris Raya.

"Saya berharap pemerintah kedua negara, Indonesia dan Inggris memiliki political will yang kuat untuk memulangkan Prasasti Sangguran ke Indonesia mengingat pentingnya nilai-nilai budaya dan catatan perjalanan sejarah bangsa yang terkandung di dalamnya," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/9).

Pernyataan itu disampaikan Lestari saat menjadi pembicara kunci secara daring pada diskusi bertema Inscriptions on the Move: Prasasti, Repatriation, and Collaboration between Indonesia and Britain yang diselenggarakan Advanced Research Centre, University of Glasgow, Scotland, United Kingdom, Senin (18/9).

Menurut Lestari, pada Prasasti Sangguran banyak terkandung catatan penting terkait sistem atau tata kelola pemerintahan yang diterapkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Prasasti Sangguran, tambah Rerie yang akrab disapa, adalah salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno (abad ke-8) yang ditemukan di Ngandat, yang sekarang menjadi Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Anggota Komisi X DPR dari Dapil Jawa Tengah II itu menyampaikan catatan pada prasasti ini menceritakan penetapan Desa Sangguran sebagai daerah perdikan (sima) terkait hak kebebasan tanah tanpa pajak atau daerah merdeka.

"Prasasti tersebut juga memuat berbagai catatan yang mengungkap aspek sejarah dan sosial budaya masyarakat pada masa Mataram Kuno yang telah bergeser ke Jawa bagian timur," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Rerie mengungkapkan saat ini juga sedang berproses pemulangan Prasasti Pucangan yang saat ini tersimpan di Museum India.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap Prasasti Sangguran yang sekarang tersimpan di Inggris Raya bisa segera dipulangkan ke Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News