Wako Jaksel Pastikan Bahan Makanan Jelang Nataru Aman dari Zat Berbahaya

Wako Jaksel Pastikan Bahan Makanan Jelang Nataru Aman dari Zat Berbahaya
Pemeriksaan bahan makanan di Primo Cilandak Town Square jelang Nataru, Jumat (24/12). Foto: Humas

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota (Wako) Jakarta Selatan Munjirin menjamin peredaran makanan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) aman untuk dikonsumsi.

"Ini merupakan kegiatan rutin tahunan di setiap perayaan hari besar, memastikan makanan aman dari pestisida dan formalin," katanya saat meninjau pemeriksaan bahan makanan di Primo Cilandak Town Square, Jumat (24/12).

Kegiatan tersebut melibatkan Sudin Ketahanan Pangan dan Kelautan Perikanan Jakarta Selatan (KPKP) dan BPOM mengecek beberapa sample makanan untuk mengetahui kandungan zat berbahaya.

Kasudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok menjelaskan sebanyak 63 sample produk dicek ke Laboratorium Mobile.

"Kami mengambil kurang lebih 63 sample, KPKP mengambil 15 sample, ada tiga komoditi pertanian 25 sample, peternakan tujuh, perikanan tujuh," ujarnya.

Menurutnya, parameter uji produk peternakan dan perikanan adalah uji kebusukan, uji formalin, dan secara pancaindra.

Lebih rinci produk yang dicek meliputi daging ayam, makanan olahan, ikan asin, ikan segar, cumi, sayuran, kerupuk, dan cabai.

"Hasilnya sementara bagus tidak ada yang mencurigakan. Tapi tadi kita temukan ada ikan asin sepat yang sudah berjamur dan sudah kami tarik," ungkapnya. (mcr28/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menjamin peredaran makanan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) aman untuk dikonsumsi.


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News