Wales Vs Spanyol: Reuni Ryan Giggs dan Luis Enrique

Wales Vs Spanyol: Reuni Ryan Giggs dan Luis Enrique
Ryan Giggs dan Luis Enrique saat menjadi pemain. Foto: Marca

jpnn.com, CARDIFF - Duel Wales Vs Spanyol dalam laga persahabatan di Cardiff, Jumat (12/10) dini hari nanti akan membuat dua pelatih, Ryan Giggs dan Luis Enrique reuni.

Di antara mereka hanya pernah ada sekali pertemuan semasa menjadi pemain. Kenangan itu terjadi saat Giggs bersama Manchester United menghadapi Enrique dan Barca di fase grup Liga Champions 1998–1999. Dalam laga di Old Trafford yang berakhir 3-3 tersebut, Giggs mengawali gol United lewat heading menyambut crossing dari David Beckham.

Sebelum menyundul, Giggs menaklukkan Lucho dalam adu duel udara. Ya, cuma itu kisah menarik di lapangan selama mereka bermain. Berbeda dengan status mereka saat ini sebagai tactician. Bukan tentang jumlah pertemuan karena laga dini hari nanti adalah yang pertama bagi mereka beradu taktik.

Yang menjadi sorotan adalah Giggs dan Enrique punya sosok pelatih idola yang sama. Dia adalah Louis van Gaal. Enrique pernah menjadi pemain kepercayaan Van Gaal. Bersama, mereka memenangi La Liga 1997–1998 dan 1998 –1999, Copa del Rey 1997–1998, serta Piala Super Eropa 1997.

”Saya banyak belajar darinya. Dia pelatih yang punya karakter kuat dan luar biasa,” sebut Enrique seperti dikutip ESPN.

Nilai plus dari pelatih berkebangsaan Belanda itu pun dikuti. ”Dia pelatih yang sangat memperhatikan metode melatih, pekerja keras, dan mempunyai aturan yang jelas. Dia selalu kukuh dalam pendiriannya,” tambah Lucho, sapaan akrab Enrique.

Jika Enrique belajar dari Van Gaal semasa menjadi pemain, Giggs pernah menjadi tangan kanan Van Gaal di United pada musim 2014–2015. Kepada Soccer AM, Giggs menganggap masa-masa itu sebagai periode pentingnya saat belajar taktikal.

Apalagi, kala itu merupakan musim pertamanya pascapensiun. ”Saya belajar bagaimana caranya menyusun tim dan mempelajari sistem kepelatihan yang berbeda,” ucapnya. (ren/c25/dns)


Wales vs Spanyol akan berhadapan dalam laga uji coba di Cardiff Jumat (12/10) dini hari WIB.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News