Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Beri Lampu Hijau Lapas Jadi Pesantren

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Beri Lampu Hijau Lapas Jadi Pesantren
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Foto: ngopibareng

jpnn.com, PROBOLINGGO - Keinginan pihak lapas Kelas II-B Kota Probolinggo menjadikan penjara menjadi pesantren, mendapat dukungan dari Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Hal itu disampaikannya saat memberikan remisi umum HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, kepada 264 warga binaan di Lapas Kelas II-B Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (17/8).

"Meski izin belum turun, kami dukung untuk melanjutkan niat baik membentuk pesantren di Lapas Kelas II-B Kota Probolinggo," kata Hadi Zainal Abidin.

Menurutnya, kegiatan keagamaan adalah kewajiban agar bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga binaan, sehingga saat keluar nanti menjadi orang yang bermanfaat dan berguna.

"Saya akan perhatikan dan memberikan dukungan apabila dibutuhkan," ujar Wali Kota yang akrab disapa Habib Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lapas Kelas II-B Kota Probolinggo Risman Somantri mengatakan, selama ini pihaknya menyebut warga binaan dengan santri.

"Kami berkeinginan mewujudkan penjara menjadi pesantren, dari sangkar berubah menjadi sanggar, namun kami akui sulitnya mengurus izin pesantren di lapas," katanya lagi.

Menurutnya potensi menjadi baik dan tidak baik sama-sama besar, sehingga pihaknya harus berjuang agar para narapidana bisa menjadi baik, saat kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi menyatakan dukungannya atas niat transformasi lapas Kelas II-B menjadi pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News