Wali Kota Salatiga Buat Gerakan Sehari Tanpa Nasi, Ini Respons Ganjar

Wali Kota Salatiga Buat Gerakan Sehari Tanpa Nasi, Ini Respons Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Salatiga membuat gebrakan baru berupa gerakan sehari tanpa nasi. Gerakan yang dikeluarkan melalui surat edaran itu mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Ya nggak papa, boleh saja. Sehari ndak pakai nasi boleh, itu bisa mengurangi ketergantungan konsumsi nasi, sehingga ada diversifikasi pangan," kata Ganjar ditemui usai melayat ke Guru Besar UGM, Cornelis Lay di Sleman, Rabu (5/8).

Menurut Ganjar, gerakan itu layak didukung. Sebab menurut kesehatan, nasi memang mengandung banyak gula yang bisa berpotensi menyebabkan penyakit diabetes dan darah tinggi.

"Nasi itu kan banyak mengandung gula, padahal orang yang punya potensi gula dan darah tinggi itu, dari data yang meninggal karena COVID-19 merupakan kumorbit yang berbahaya. Saya kira ada baiknya, biar orang tidak hanya bergantung pada nasi," terangnya.

Hanya saja, lanjut Ganjar, gerakan itu akan cukup sulit di tengah karakter orang Jawa yang sejak dulu sudah terbiasa makan nasi.

"Itu problemnya, orang Jawa biasanya kalau belum makan nasi, berarti durung madhang (belum makan). Tapi gerakan sehari tanpa nasi ini bagus sih, nggak papa," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto membuat surat edaran tentang gerakan sehari tanpa nasi.

Dalam surat bernomor 520/347/415 itu meminta masyarakat Salatiga mengonsumsi menu/makanan pangan lokal nonberas minimal sehari dalam sebulan.

Wali Kota Salatiga membuat gebrakan baru berupa gerakan sehari tanpa nasi melalui surat edaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News