Wamen Surya Tjandra Beberkan Kunci Keberhasilan Transformasi Digital

Wamen Surya Tjandra Beberkan Kunci Keberhasilan Transformasi Digital
Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra. Foto: Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra mengatakan salah satu tantangan terbesar pemanfaatan ruang dalam perizinan berusaha adalah perubahan mindset dan budaya pengguna serta perubahan penyedia layanan dari manual ke digital.

"Cara kita berfikir dan bekerja memegang peranan penting, khususnya dalam pendekatan Online Single Submission (OSS) yang terintegrasi secara elektronik," kata Wamen Surya melalui keterangan yang diterima Senin (8/11).

Wamen Surya mengungkapkan langkah tersebut akan berdampak pada perizinan berusaha menjadi lebih pasti, mudah, efektif, dan transparan.

Dia juga menegaskan kunci keberhasilan transformasi digital bukan tergantung kecanggihan teknologi atau kekuatan finansial.

"Tetapi komitmen pimpinan, dukungan pemangku kepentingan, roadmap yang jelas dan terukur, SDM yang kompeten, serta ketersediaan sumber daya pendukung," ungkap Surya.

Wamen Surya menjelaskan tata ruang itu penting dan perlu menjadi menjadi acuan karena untuk membangun apapun, seperti dalam kegiatan ekonomi dan sosial budaya, masyarakat membutuhkan ruang.

"Maka kita harus membuat suatu aturan sebagai acuan yang mengatur kita memenuhi kebutuhan dalam ruang yang sangat terbatas ini," tutur Surya.

Dia menyampaikan perlu peran sekretaris atau asisten daerah untuk mendorong kesuksesan perencanaan dan pemanfaatan ruang untuk perizinan berusaha.

Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra menegaskan kunci keberhasilan transformasi digital bukan tergantung kecanggihan teknologi atau kekuatan finansial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News