Wamendag Jerry Bicara Digitalisasi dan Keamanan Siber di WEF Jenewa

Wamendag Jerry Bicara Digitalisasi dan Keamanan Siber di WEF Jenewa
Wamendag Jerry Sambuaga  menyampaikan pandangannya mengenai pengembangan perdagangan melalui dukungan digitalisasi di World Economic Forum (WEF), Jenewa. Foto dok. Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga  menyampaikan pandangannya mengenai pengembangan perdagangan melalui dukungan digitalisasi di World Economic Forum (WEF), Jenewa. 

Berbicara intensif dengan Sachin Bansal, CBO Security Scorecard, Jerry mengatakan digitalisasi bukan hanya tidak terhindarkan, tetapi merupakan langkah penting dalam pengembangan dan transformasi perdagangan.

Saat ini, Indonesia sedang menggiatkan digitalisasi termasuk untuk transaksi di pasar-pasar tradisional. 

"Digitalisasi untuk transaksi adalah langkah awal kami di bidang perdagangan. Ke depan digitalisasi akan diarahkan juga untuk membantu sistem logistik, pergudangan, distribusi produk, pengelolaan harga dan sebagainya." kata Jerry di WEF baru-baru ini.

Dengan digitalisasi Wamendag yakin perdagangan akan makin efisien dan menguntungkan bagi semua pihak. Selain itu, digitalisasi juga akan mengembangkan kesempatan dan peluang ekonomi baru.

Dalam rangka itu, Jerry menekankan perlunya perlindungan data dan keamanan siber di sektor perdagangan Indonesia. Wamendag yang sering berbicara mengenai perlindungan konsumen itu menegaskan bahwa semua pihak perlu dilindungi, khususnya konsumen.

Data-data konsumen, baik data pribadi maupun data transaksi tidak boleh diambil dan dipergunakan oleh pihak-pihak yang tidak seharusnya. 

"Bukan hanya konsumen, pedagang dan pihak-pihak lain yang terlibat seperti perbankan harus juga terlindungi datanya." tegas Wamendag.

Wamendag Jerry Sambuaga bicara soal digitalisasi dan cyber di World Economic Forum (WEF) Jenewa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News