Wamendag Jerry Sebut Literasi Sangat Penting untuk Perlindungan Konsumen Kripto

Wamendag Jerry Sebut Literasi Sangat Penting untuk Perlindungan Konsumen Kripto
Wamendag Jerry Sambuaga saat menjadi pembicara kunci dalam seminar Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (IKAFH USAKTI) yang bertema "Telaah Peraturan Perundang-Undangan Dalam Rangka Perlindungan Konsumen Aset Kripto". Foto: dokumentasi Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan bahwa masyarakat perlu punya literasi agar bisa memahami karakter dan potensi sekaligus resiko perdagangan aset kripto.

Menurut dia, sebagai aset baru, kripto memang punya karakter sendiri yang berbeda dibandingkan dengan komoditas lain maupun perdagangan saham.

Untuk itu, Wamendag Jerry menekankan pentingnya masyarakat mencermati dan memahami bagaimana berdagang di sektor aset kripto.

Hal ini diungkapkan Jerry saat menjadi pembicara kunci dalam seminar Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (IKAFH USAKTI) yang bertema "Telaah Peraturan Perundang-Undangan Dalam Rangka Perlindungan Konsumen Aset Kripto".

“Yang khas dari aset kripto adalah sifatnya yang terdesentralisasi. Sifat ini di satu sisi membuka peluang, tetapi di sisi lain juga membawa resiko tersendiri,” ucap Jerry dalam keterangannya, Jumat (14/4).

Oleh karena itu, Jerry menyarankan perlunya analisis individual yang tepat ketika bertransaksi kripto.

Di sisi lain, pemerintah juga akan mendukung perlindungan konsumen kripto dengan berbagai kebijakan mulai dari dukungan regulasi, pengawasan, edukasi dan sosialisasi.

Lebih lanjut, Jerry mengatakan bahwa Pemerintah sudah lama menyusun kerangka agar ada mitigasi resiko perdagangan aset kripto. Hal itu dilakukan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Jerry Sambuaga mengatakan bahwa masyarakat perlu punya literasi agar bisa memahami karakter, potensi sekaligus resiko perdagangan aset kripto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News