Wamendag Optimistis Kreativitas Anak Muda Dongkrak Pertumbuhan Ekspor

Wamendag Optimistis Kreativitas Anak Muda Dongkrak Pertumbuhan Ekspor
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto: Humas Kemendag RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan jerry Sambuaga menilai keunggulan anak muda di sektor industri adalah kreativitas yang luar biasa.

Anak muda sering melihat peluang-peluang baru dan out of the box dalam mengembangkan produk ekspor.

"Bukan hanya sektor-sektor mainstream yang dikembangkan seperti kopi atau porang, anak muda juga pintar mengembangkan produk-produk unik," ungkap Jerry, Kamis (30/9).

Misalnya kata dia, ada yang serius garap sabut kelapa, pelepah pisang dan lain-lain. Sekilas itu barang-barang yang sederhana atau bahkan sering dianggap sampah, tetapi di tangan anak muda yang kreatif semua bisa jadi produk bernilai ekonomis.

Selain itu menurut Jerry, anak muda juga mulai banyak menggarap sektor-sektor kreatif berbasis teknologi digital seperti aplikasi, game online, simulator hingga film-film animasi.

Dia juga menyoroti industri crypto Indonesia yang dipelopori dan didorong anak-anak muda. Peran anak muda diyakini akan makin dalam berbagai industri dan dalam berbagai level.

Karena itu Jerry mengaku sangat optimistis dengan masa depan ekspor Indonesia. Sepanjang 2020 hingga kuartal ketiga 2021 Indonesia terus mencatatkan kinerja perdagangan internasional yang sangat baik.

Setelah mencatat surplus hingga USD 20 miliar pada 2021, sampai Agustus saja perdagangan luar negeri Indonesia sudah surplus lebih dari USD 19 miliar. 

Kreativitas anak muda dalam menciptakan produk kreatif diyakini Wamendag bisa menopang pertumbuhan ekspor Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News