Wamendagri John Wempi Minta Anggota MRP Papua Tengah Kawal Pemilu & Pilkada Serentak 2024

Wamendagri John Wempi Minta Anggota MRP Papua Tengah Kawal Pemilu & Pilkada Serentak 2024
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo (kanan) saat melantik Anggota MRP Provinsi Papua Tengah Masa Jabatan Tahun 2023-2028 di Kantor Gubernur Papua Tengah, Rabu (8/11). Foto: Dokumentasi Puspen Kemendagri

jpnn.com, PAPUA TENGAH - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo meminta anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Tengah untuk mengawal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Wamendagri John Wempi pada acara Pelantikan Sumpah/Janji Anggota MRP Provinsi Papua Tengah Masa Jabatan Tahun 2023-2028 di Kantor Gubernur Papua Tengah, Rabu (8/11).

“Jadi nanti Pemilu serentak di tahun 2024 tanggal 14 Februari selesai, itu tanggalnya pemilihan legislatif dan pilpres,” kata Wamendagri John Wempi.

Setelah itu, kata Wempi, agenda berikutnya yang tak kalah penting adalah Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada akhir 2024.

Karena itu, dia meminta kepada 28 anggota MRP-PT yang baru dilantik untuk dapat menyeleksi Orang Asli Papua (OAP) agar bisa ikut berkompetisi dalam Pilkada, khususnya di Provinsi Papua Tengah.

Ihwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah pada Pilkada mendatang, MRP-PT mempunyai peran dan kewenangan strategis dalam memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Pertimbangan itu sesuai kriteria keaslian calon gubernur dan wakil gubernur yang diatur dalam sejumlah peraturan perundang-undangan terkait otonomi khusus Papua.

“Jadi Bapak atau Ibu mempunyai tugas untuk memberikan pertimbangan,” tambah Wempi.

Ini pesan Wamendagri John Wempi kepada anggota MRP Provinsi Papua Tengah yang baru dilantik, salah satunya mengawal Pemilu dan Pilkada serentak 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News