Wanita Baik-baik Rentan Tertular HIV/AIDS

Wanita Baik-baik Rentan Tertular HIV/AIDS
Wanita Baik-baik Rentan Tertular HIV/AIDS
WANITA baik-baik atau ibu rumah tangga yang berkelakuan baik, belum tentu tak tertular HIV/AIDS. Pasalnya, sejak 2007, ibu-ibu rumah tangga atau wanita baik-baik menjadi kalangan yang paling rentan tertular HIV/AIDS melalui hubungan seks dengan kekasihnya atau suaminya. Hal ini dikatakan Antis Naibaho SpSI, Manager Konselling HIV/AIDS RSU Pirngadi Medan.

“Perempuan-perempuan baik-baik yang tertular HIV/AIDS dari para suami mereka yang pengidap dan dulunya mungkin pencandu atau pelaku seks bebas,” ujarnya yang ditemui wartawan Sumut Pos (grup JPNN) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, berdasarkan persentase penularan HIV/AIDS melalui hubungan heteroseksual, mencapai 50,3 persen dengan perbandingan laki-laki dan perempuan 3 : 1. Secara keseluruhan, sambungnya, berdasarkan Data Kemenkes, pada akhir 2009 jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia mencapai 19.973 jiwa dengan kecepatan penularan tercepat di kawasan Asia Tenggara. 

Kemudian, berdasarkan laporan dari 32 provinsi di Indonesia, sekitar 88 persen kasus HIV/AIDS berasal dari kelompok usia produktif (20-49 tahun). “Kalau usia 20 dia sudah mengidap, berarti tertularnya dari lima tahun sebelumnya, 15-an," imbuhnya. Menurutnya, kasus penderita HIV AIDS di kalangan wanita meningkat drastis. Perilaku berisiko suami atau pasangan merupakan penyebab utama penularan HIV di kalangan  wanita.

WANITA baik-baik atau ibu rumah tangga yang berkelakuan baik, belum tentu tak tertular HIV/AIDS. Pasalnya, sejak 2007, ibu-ibu rumah tangga atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News