JPNN.com

Tips Olah Raga Saat Puasa

Kamis, 19 Agustus 2010 – 09:07 WIB Tips Olah Raga Saat Puasa - JPNN.com
JAKARTA -- Dr Phaidon L Toruan MM, penulis buku "Fat Loss not Weight Loss", membagi tips waktu olah raga yang tepat bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Healthy Lifestyle Doctor itu juga menjelaskan mengenai manfaat berolah raga di bulan puasa.

Menurut Phaidon Toruan, berolah raga dibulan puasa tetaplah penting karena olah raga membantu proses detoksifikasi. Olah raga, kata pelatih fisik timnas sepkabola itu,  membuat pergerakan usus menjadi lebih cepat, sehingga proses pembuangan sisa kotoran akan menjadi lebih baik.

Dia menyarankan, agar pembuangan sisa kotoran cepat, maka saat sahur diperbanyak mengkonsumsi makanan berserat. Dijelaskan, serat akan membantu menyapu ampas makanan dari usus. Artinya, olah raga dan konsumsi serat akan memberi efek sinergi dalam hal detoksifikasi usus. Karena puasa, secara otomatis asupan makanan berkurang, maka volume sisa makanan juga berkurang. "Jadi, sebaiknya olah raga di sore hari, karena pergerakan usus yang cepat akan membuat lapar," terang  penulis buku Performance Nutrition itu dalam penjelasan tertulisnya yang diterima JPNN, Kamis (19/8).

Olah raga, lanjutnya, akan meningkatkan sirkulasi darah, bisa 10 hingga 15 kali lipat. "Tambahkan kondisi ini dengan darah yang lebih "bersih" karena sedang menjalani detoksifikasi," terangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...