Wanita Berisiko Mengalami Burnout, Begini Cara Mengatasinya

Wanita Berisiko Mengalami Burnout, Begini Cara Mengatasinya
Stres karena pekerjaan. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Burnout yang sering disebut-sebut oleh Strawberry Generation ini ternyata banyak dialami oleh pekerja di Indonesia. 

Studi dari Montreal University menemukan bahwa wanita lebih berisiko mengalami burnout karena cenderung mendapat posiisi lebih kecil dan mudah frustasi.

Menurut Agata Paskarista, content creator, career coach dan mental health practitioner, burnout sebagai bentuk kelelahan yang disebabkan oleh perasaan kewalahan yang terus menerus.

"Lelah pada kehidupan sangat wajar, tetapi jika terus menerus akan berubah menjadi burnout karena stres berlebihan,” jelas Agata, dalam webinar edukatif bertajuk #Fiercenancial Fest  yang diprakarsai Sribuu dan Amartha, belum lama ini.

Agata mengatakan cara menghindari burnout adalah dengan meningkatkan skill adaptasi, mengenali emosi diri, dan tidak overtinking pada masa depan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi burnout

1. Self Care

Jika sudah merasa terlalu lelah dengan pekerjaan uangkanlah waktu untuk bersantai dengan berolahrga, makan makanan sehat, dan memberikan reward untuk diri sendiri.

Namun, terlalu berlebihan memberikan self reward juga bisa menimbulkan stres karena pengeluaran membengkak. Nah, untuk menghindarinya harus cermat mengatur keuangan dengan menggunakan aplikasi Sribuu.

Wanita lebih berisiko mengalami burnout ketimbang pria. Berikut cara menghindari dan mengatasinya suoaya tidak stres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News