Wanita Menopause Harus Rutin Medical Check Up, Ini Penjelasan Dokter Monika

Wanita Menopause Harus Rutin Medical Check Up, Ini Penjelasan Dokter Monika
Medical check up sangat penting bagi para wanita. Foto Humas Siloam Hospitals

jpnn.com, JAKARTA - Pemeriksaan menyeluruh atau medical check up dinilai sangat penting bagi wanita. Sayangnya kesadaran para wanita untuk memeriksakan diri masih rendah.

Menurut dokter Monika, spesialis obstetri dan ginekologi, melalui medical check up bisa diketahui berbagai potensi penyakit berbahaya sejak dini.

"Itu untuk memastikan kondisi kesehatan kita dan mengantisipasi gangguan yang berkembang menjadi penyakit serius yang bisa mengancam keselamatan hidup sejak dini," kata dr Monika dalam edukasi kesehatan secara daring, Sabtu (27/11).

Dia menjelaskan, baik wanita yang belum atau akan menikah, maupun sudah menikah dan juga sudah menopause perlu melakukan pemeriksaan secara berkala.

"Bagi yang menopause sebaiknya malah lebih rutin dan berkala," ujar Monica.

Bagi yang belum dan akan menikah, pemeriksaan menjadi persiapan menyambut kehamilan.

Di samping untuk mendeteksi potensi penyakit yang sifatnya bisa menjadi kronis atau yang nantinya dapat diturunkan ke anaknya sejak awal.

Adapun pemeriksaan medical check up bagi wanita yang sudah menikah hampir sama dengan pemeriksaan pada wanita yang belum menikah.

Dokter Monika, spesialis obstetri dan ginekologi menjelaskan pentingnya medical check up untuk para wanita belum menikah, menikah, dan menopause

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News