Wapres Iran Temui Mbak Puan, Ini Hal yang Dibicarakan

Wapres Iran Temui Mbak Puan, Ini Hal yang Dibicarakan
Wakil Presiden Iran Masuomeh Ebtekar bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (2/5). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko) PMK Puan Maharani kedatangan tamu istimewa, Rabu (2/5). Ada Wakil Presiden Iran Masuomeh Ebtekar yang mengunjungi cucu Proklamator RI Soekarno itu di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat.

Masoumeh sebenarnya sudah empat kali datang ke Indonesia sejak menjabat sebagai Wapres Iran yang membidangi urusan perempuan dan keluarga itu. Namun, kunjungannya kali ini merupakan yang pertama sejak era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Puan, ada banyak kerja sama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Iran, terutama soal pemberdayaan perempuan dan anak, upaya perlindungan, penguatan pendidikan, kesehatan, hingga upaya kemandirian ekonomi. "Kami berdiskusi mengenai kerja sama di bidang perempuan, lingkungan, dan keluarga," katanya saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu, (2/5).

Puan juga memaparkan kiprah para perempuan Indonesia di hadapan Masuomeh, termasuk di bidang politik. “Kami terus mendorong keterpenuhan kuota 30 persen untuk perempuan di parlemen agar perempuan dapat mewakili suara kaumnya,” sebutnya.

Selain itu, Puan juga memamerkan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk melatih para perempuan Indonesia. “Agar mandiri secara ekonomi sambil coba menyehatkan keluarganya dengan memberikan makanan bergizi," tuturnya.

Mantan ketua Fraksi PDIP DPR itu juga menjelaskan tentang program dana desa yang menjadi unggulan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Melalui dana desa, kata Puan, para ibu di desa bisa menciptakan bahan pangan bergizi menggunakan komoditas pangan yang tersedia di desa.

Program lainnya adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 19,7 juta anak sekolah dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pemerintah menargetkan KIS mencakup seluruh warga negara Indonesia pada 2019.

Puan dalam kesempatan itu juga menyampaikan pujiannya untuk Masuomeh yang dikenal punya kepedulian tingga terhadap lingkungan, terutama menjaga sumber air dan penangananan sampah plastik. Masuomeh memang pernah memimpin Departemen Lingkungan Hidup Iran.

Wakil Presiden Iran Masuomeh Ebtekar mengunjungi Menko PMK Puan Maharani untuk membahas sejumlah kerja sama dalam rangka pemberdayaan perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News