Wapres JK Bakal Hadiri PMTMA di Lingga Kepri

Wapres JK Bakal Hadiri PMTMA di Lingga Kepri
Jusuf Kalla. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dipastikan bakal hadir dalam Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa (PMTMA) di Daik Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) 19 November 2017. Rencananya, JK dalam pembukaan acara yang diikuti sejumlah negara sahabat itu kan diberi gelar adat Seri Perdana Wira Negara oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau (Kepri).

"Alhamdulillah, Pak Wapres berkenan hadir membuka secara resmi acara Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa di Daik Lingga. Jadwalnya sudah confirmed, Minggu, 19 November," ungkap Bupati Lingga Alias Wello usai melakukan pertemuan dengan Wapres JK di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (10/11).

Wello mengatakan, pemberian gelar Melayu Seri Perdana Wira Negara tersebut sebagai bentuk penghormatan LAM untuk memuliakan jabatan JK sebagai Wapres. Selain itu, Wapres juga akan menyaksikan penandatanganan naskah kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lingga dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

"Gelar ini belum pernah diberikan kepada siapa pun. Harapannya, supaya dapat membawa tuah kepada Pak JK yang pada gilirannya akan membawa tuah kepada masyarakat Kepri khususnya dan rakyat Indonesia umumnya," jelas Alias Wello.

Acara PMTMA yang diadakan sempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Lingga juga disejalankan dengan penyelenggaraan event wisata Festival Gunung Daik. Hingga saat ini, sedikitnya 150 orang wisatawan asing dari berbagai negara sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti event wisata yang didukung oleh Kementerian Pariwisata RI tersebut.

Wello mengaku juga sudah menyurati kabupaten/kota se-Kepri untuk bisa andil mendukung kegiatan di Bunda Tanah Melayu tersebut. Sejauh ini baru ada beberapa kabupaten/kota yang menyampaikan kesediaannya untuk ikut menambah semaraknya perhelatan Tamadun Melayu itu.

"Kami berharap jangan sampai sebuah kegiatan itu berhenti disitu, seperti melempar batu ke laut. Tenggelam tak timbul-timbul lagi. Kami harap Tamadun ini dapat dibuat bersama-sama. Kabupaten kota lainnya harus ikut mendukung," harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga Muhammad Ishak menambahkan, para seniman lokal akan terlibat guna memeriahkan perhelatan PMTMA yang berlangsung 17-26 November mendatang. Para seniman Lingga baik yang ada di luar maupun di dalam daerah juga akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Wapres RI Jusuf Kalla dipastikan bakal hadir dalam Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa atau PMTMA) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News