Wapres Ma'ruf Amin Sebut Sektor Pertanian Alami Peningkatan Produksi di Tengah Pandemi

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Sektor Pertanian Alami Peningkatan Produksi di Tengah Pandemi
Wakil Presiden RI Maruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, pertanian dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kita harus bersyukur di tengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional," ujar Wapres Ma'ruf yang didampingi Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dalam acara Penganugrahan Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 yang diselenggarakan secara luring di Istana Wapres Jakarta, Senin (13/9).

Wapres mengingatkan, ada 3 hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia.

Ketiganya adalah melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

"Dalam 2 tahun terakhir kebutuhan pangan kita sangat menjanjikan. Hal inilah yang terlihat pada minggu ketiga di Bulan Agustus 2021, di mana stok beras kita mencapai 7,60 juta ton, kemudian total ekspor berdasarkan catatan BPS mencapai 2,24 miliar dolar," kata dia.

Disisi lain, sektor pertanian mampu menyerap jutaan tenaga kerja yang terdampak PHK.

Berdasarkan hasil survei BPS, angkatan kerja nasional yang menyerap tenaga kerja paling banyak adalah sektor pertanian

Wapres Maruf Amin mengapresiasi kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News